bollywood... o... bollywood

Ga tau kenapa akhir-akhir ini aQ doyan banget lihat film India, apalagi kalo di film itu ada Shah Rukh Khannya. aQ jadi senyum-senyum sendiri, goyang-goyang sendiri, sampai-sampai aQ jadi hafal liriknya.

Sumpah, aQ lagi gak ngidam nonton SRK kok. Mungkin aQ cuman kangen nangis, ketawa-ketawa, dan nyanyi-nyanyi dalam waktu yang bersamaan kalo lagi nonton film bollywood. Atau mungkin karena akhir-akhir ini kuliah aQ jadi tambah ruwet dan memusingkan? Bisa jadi keduanya.

aQ pernah baca novel yang bilang kalo dia benci banget sama film India, pokoknya yang ada nari-nari sama nyanyi-nyanyinya deh- karena setiap masalah tidak harus diselesaikan dengan menari dan menyanyi.

Oke, kata-katanya yang bilang kalo setiap masalah tidak harus diselesaikan dengan menari dan menyanyi memang ada benarnya. tapi setidaknya dengan menari dan menyanyi membuat suasana hati kita berubah senang kan? Sehingga kita bisa menghibur diri dan melupakan sejenak setiap masalah yang menimpa hidup kita.

Cie… gayanya.

Itu sih menurut aQ. Bukannya aQ tidak menghargai film dalam negeri. Tapi apa ada film dalam negri yang pake nyanyi sama nari? aQ belum pernah nonton tuh, makanya aQ masih doyan nonton film India.

Ada yang suka nonton juga nggak di sini?

2 komentar:

pravin irawan mengatakan...

THE REAL & BRAND NEW BOLLYWOOD
(Hindi Language Cinema)

Namaskar Salam alaikum.
Salam kenal untuk Avri, senang kenalan dengan sesama fan bollywood..oh ya saya punya sesuatu nich tentang bollywood mohon dibaca yach...

Menyimak ulasan film Bollywood di tanah air memang unik, yang menyukai pasti memuji, yang tidak suka atau pembenci cenderung untuk mengejeknya atau mengeluarkan opini macam-macam yang kadang-kadang bikin kesel atau bikin “naik darah” kita (apalagi jika dihina atau dikritik habis-habisan).Bukankah jika ada sesuatu yang kita suka terus dihina orang bikin kita kesel dan pasti terjadi pada siapapun entah itu penyuka film,penyuka lawan jenis, penyuka olah raga dll). Main hoon kaun? Saya adalah penggemar berat (dan sedikit fanatik) film-film Bollywood, lewat forum ini saya ingin berbagi unek-unek dengan rekan-rekan sekalian baik itu penyuka/Bollywooders ataupun (terutama sekali) pembenci film Bollywood. Karena unek-unek saya ini panjang saya anjurkan untuk mengkopi dan paste pada PC biar enak dibaca dan gampang meresap (wah kayak kuliah saja). Mohon bacanya jangan di skip..

Selain ejekan dan hinaan terdapat beberapa alasan umum mengapa orang tidak menyukai atau anti terhadap film Bollywood :
1. Film India norak dan kampungan dan malu-maluin.
2. Cerita nya itu-itu melulu dan monoton temanya tentang dendam saja, atau pernikahan yang ditentang orang tua,adegan polisi yang terlambat datang ke TKP atau ada tokoh Tuan Thakur dan Inspektur Vijay.
3. Ada adegan putar-putar pohon,guling-guling di taman atau adegan pacaran dalam guyuran hujan, atau adegan kelahi yang kelihatan banget bohongannya,tokoh lakon yang susah matinya atau adegan yang tidak masuk akal.
4. Film india hanya ditonton oleh ibu-ibu, nenek-kakek atau para pembantu rumah tangga atau siapapun yang dianggap inferior.
5. Music soundtrack yang selalu mengandalkan kendang sering dikaitkan dengan musik dangdut dimana para penggemar dangdut adalah strata menengah ke bawah atau musik kampungan.
6. Durasi yang kelamaan (3 jam) atau adegan lagu dan tari yang bikin aneh dan menggelikan.
7. Aktor-aktrisnya ngak ada yang cantik,hitam-hitam atau badannya gemuk kaya karung.
8. ADA YANG MENYUKAI FILM INDIA TAPI TIDAK MENGAKUINYA KARENA GENGSI DAN MALU (INI YANG SERING SAYA TEMUKAN) KARENA 7 POINT DIATAS.

Anda setuju? Pasti sekali jangankan yang benci yang penyuka film Bollywood pun pasti akan mengiyakan 8 point di atas. 8 point diatas akan saya bahas di akhir.

Nah sekarang apakah ciri-ciri film-film India atau yang sekarang lebih tenar dengan sebutan Bollywood selalu begitu?. Jawaban dari saya adalah YA dan TIDAK, berikut penjelasannya…

YA, FILM INDIA CIRI-CIRINYA BEGITU (MESKIPUN TIDAK SEMUANYA)
Jika yang ditonton adalah film India jadul zaman baheula era nenek-kakek atau orang tua kita (sekitar tahun 1980-1990 an) yang sering ditayangkan hampir setiap hari oleh stasiun swasta terutama TPI (saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada pihak TPI), malahan TPI sempat diplesetkan menjadi Televisi Film India. Nah karena hampir setiap hari dicekoki film india jadul inilah (yang tema ceritanya hampir sama yaitu dendam) akhirnya membuat orang bosan dan akhirnya tidak menyukainya kemudian munculah sampai sekarang argumen ciri-ciri film india yang dituturkan hasil dari kesimpulan film india jadul seperti cerita monoton seputar dendam atau puter-puter pohon, hanya disukai ibu-ibu dan pembantu dll. Anda yang tidak menyukai film India pastinya setuju? Namun pertanyaan dari saya apakah yang tidak menyukai film India terus menonton atau mungkin memperhatikan film-film India sampai sekarang? Ada yang ya ada juga yang tidak, nah yang tidak ini yang biasanya suka menjelek-jelekan film india (anda mungkin salah satunya), dan tidak menyadari bahwa sesuatu pasti tidak begitu selamanya.

TIDAK, FILM INDIA CIRI-CIRINYA BEGITU (MESKIPUN JUGA TIDAK SEMUANYA)
Sadar dengan penonton yang banyak baik orang India di luar negeri atau penonton asing seperti indonesia dan peluang ekspansi bisnis yang terbuka lebar dan tuntutan global akhirnya film india berbenah segala hal dalam perfilmannya. Akhirnya film india mengalami kemajuan yang pesat, munculnya sineas-sineas muda berbakat membuat film india jauh berbeda dengan film india sebelumnya. Film india lebih bervariasi ceritanya, SEHINGGA CIRI ADEGAN FILM INDIA JADUL SEPERTI 8 POIN DIATAS BERANGSUR HILANG, DAN AKHIRNYA LENYAP MUNCULAH FILM INDIA WAJAH BARU YANG DISEBUT BOLLYWOOD. YANG TAK HILANG ADALAH NYANYI & TARI KARENA SUDAH CIRI TRADEMARK DAN TIDAK DAPAT DIPISAHKAN.
Menurut beberapa sumber film Kuch Kuch Hota Hai yang dibintangi oleh Shahrukh Khan, Rani Mukherjee diproduksi tahun 1998 (saya masih SMP) adalah pelopor film india modern. Ini pula yang mendorong salah seorang rekan saya yang menyimpulkan film India menjadi 2 kategori yaitu :
1. Film India klasik atau jadul (1933-1990an) dengan ciri-ciri seperti pada 8 point di atas.
2. Film India modern atau lazim disebut Bollywood pasca Kuch Kuch Hota hai yang mengalami banyak perubahan baik itu dari cerita yang bervariatif, managing film yang lebih baik, aktor-aktris yang tampan-cantik yang kebanyakan berasal dari model. Pokoknya jika di bandingkan film india modern jauh lebih baik dari pada yang klasik (sekali lagi tidak semua karena tidak semua bollywooders menyukai bollywood modern terutama yang telah menyukai film india dari zaman dulu). Nah film Bollywood modern inilah yang sekarang lebih popular bukan hanya di indonesia tapi seluruh dunia (terutama yang banyak orang Indianya seperti UK, AS, Kanada, Jerman, Swiss,Perancis, Afrika Selatan,Maurisius, Trinidad Tobago, UAE, Afganistan, Pakistan,Arab Saudí, Singapura,Malaysia dan Thailand, tapi orang bulepun sudah banyak yang menyukai film Bollywood) singkatnya di negara-negara tersebut anda dapat menonton film bollywood di bioskop terkemuka seperti 21, Cinemaplex atau membeli langsung DVDnya. Oh ya ada juga yang bilang film Bollywood sekarang disebut highly westernized indian cinema.

Apa buktinya film Bollywood sudah diakui keberadaannya secara internasional:
1. Kata Bollywood masuk dalam entry kamus Oxfords (saya lupa edisi nya).
2. Premier film Bollywood di pentas International Film Festival seperti Cannes, Toronto dll atau beberapa insannya yang menjadi juri (diluar film ada yang jadi juri pada Miss univers atau Miss World).

3. Terdapat beberapa film Bollywood yang diproduksi dan diproduseri oleh RP Hollywood diantaranya :
1. Saawariya (Columbia Pictures)
2. Chandni Chowk To China (Twentieth Century Fox)
3. Saas, Bahu Aur Sensex (Warner Bross)
4. Roadside Romeo (Walt Disney Animation)

4. Masuknya aktor-tris Bollywood ke Hollywood seperti Aishwarya Rai (The Last Legion, Pink Panther 3), Naseeruddin Shah (Jackyl And Clyde dll), dan Hrithik Roshan (Dicalonkan sebagai the next Rambo) dll.

5. Dari Hollywood ke Bollywood : Beyonce Knowles dan Sylvester Stallone (Kambahkt Ishq), Will Smith (Dalam satu proyek RP Popcorn Motion Picture), Snoop Dog (soundtrack clip Singh Is King)), Martin Henderson (aktor film Torque dalam Pride and Prejudice, Ali Larter (aktris dalam film Final Destination dan serial TV Heroes dalam Marigold), Jean claud van Damn (Film action proyek Firoz Nadiadwala). Malahan kabar terbaru Jacky Chan akan segera bermain Bollywood.
Film lainnya seperti Outsources, My Bollywood Bride, American Blend, Chicken Tikka Masala, Slumdog Millionaire adalah film campuran aktor Bollywood & Hollywood.

Lainnya masuknya sutradara Bollywood ke Hollywood yaitu M.Night Shyamalan (Lady On The Water dan yang terbaru The Happening) atau Gurindar Chaddha di perfilman Inggris (Monsoon Wedding, Bend It Like Beckham, Pride N Prejudice, Mistress Of Spices, Provoke dll.).
6. Sutradara kondang Hollywood Steven Spielberg telah bergabung dengan Bollywood untuk memproduksi film Bollywood pertamanya.
7. Warner Bross. membuka studio di kota Mumbai yang notabene adalah kota industri film berbahasa Hindi atau Bollywood City.
8. Beberapa film Bollywood yang masuk nominasi Oscar seperti Lagaan, Devdas atau Taare zameen Par.

Apakah cuma itu saja? Kita tunggu saja gebrakan-gebrakan Bollywood lainnya.

Apa langkah awal untuk mengenal Bollywood?
Anda (terutama yang tidak menyukai film Bollywood) yang ingin membuktikan kalau film Bollywood itu sudah maju saya anjurkan untuk mengunjungi situs-situs Bollywood populer berikut ini..seeing is believing:
1. http://www.bollywoodhungama.com/
Situs ini adalah situs Portal Bollywood terbesar karena banyak rumah produksi mempromosikan film-filmnya di situs ini dan logo situsnya pun sering muncul dalam tittle credit film,dan saya adalah pengunjung setia.
2. http://www.santabanta.com/
3. http://www.planetbollywood.com/
4. http://www.indiaglitz.com/
5. http://www.yashraj.com/ (Rumah produksi film terbesar india).
6. http://www.bollywoodpremiere.com

Catatan : Dalam situs-situs diatas ditampilkan gossip terhangat, wallpapers aktor n aktris bollywood, movie wallpaper terbaru (biasanya dari tahun 2000-sekarang),foto ekslusif, trailer film terbaru,top 10 soundtrack, box office chart, video, sampai chatting dengan aktor n aktris Bollywood, semua situs menggunakan Bahasa Inggris.

Atau jika ingin melihat movie trailer secara lengkap dan downloadable klik saja :
http://www.youtube.com/ CONTOH KATA KUNCI = chandni chowk to china trailer, Love Story 2050 dll.
www.fridaytadka.com
www.nowrunning.com
www.google.com/video
www.bollywoodhungama.com
www.santabanta.com/video

Atau juga mendownload soundtrack film Bollywood terbaru dalam bentuk Real player klik:
www.funmaza.com
www.apnaymp3.com
www.muskurahat.com
www.apniisp.com
www.bollyfm.com
www.9xMP3.com
www.j4jumpy.com

Catatan : Sebenarnya terdapat banyak sekali situs-situs Bollywood untuk browsing lebih lanjut klik saja search engine seperti http://www.google.com/ DENGAN KATA KUNCI : Bollywood atau Indian cinema.

Nah, jika anda telah mengunjungi situs-situs tersebut dan membuktikannya sendiri (atau mungkin menonton film-film terbarunya) tapi masih menjelek-jelekan atau menghina film Bollywood boleh dibilang anda keterlaluan dan tidak menghargainya (Jika film Indonesia yang banyak mengangkat tema horror yang menyesatkan atau yang selalu menyerempet bokep terus dihina oleh orang dari negara lain, bagaimana perasaan kita?). Bagus atau tidaknya suatu film adalah relatif dan tergantung pada penilaian masing-masing individu.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang juga perlu diperhatikan :
1. Fans bollywood Indonesia adalah fans yang “aneh” karena mereka hanya akan nonton dan mengkoleksi film-film dari aktor-aktris favoritnya (atau pasangan favoritnya) meskipun filmnya jelek dan gagal dipasaran, atau istilah lainnya pilih-pilih. Hal ini berdampak pada pengurangan penjualan CD film Bollywood dan kaset Soundtracknya karena konsumen hanya akan membeli film actor n aktris favoritnya( Di Indonesia terdapat 3 distributor yang memproduksi film Bollywood dan soundtracknya yaitu DCU RECORDS & CSS RECORDS dan sekarangpun sudah tidak memproduksi lagi karena alasan diatas.
2. Aktor Bollywood yang paling banyak fans nya di Indonesia adalah Mega bintang Shahrukh Khan disusul Salman Khan Hrithik Roshan & Akshay kumar. Sedangkan aktrisnya adalah Rani Mukherjee & Kajol Devgan. Khusus Shahrukh Khan shownya di Jakarta tahun 20003 terbilang sukses besar yang ditonton oleh semua fans Bollywood se indonesia dan internasional.
3. Lebih suka nonton film romantis dan percintaan dari pada action karena anggapan action bollywood terbilang jelek, PADAHAL TIDAK BEGITU!.
4. Tabloid Bollywood terbit di indonesia pada tahun 2001 sampai 2005.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itu saja dari saya semoga bermanfaat adanya jika ada kata-kata yang menyinggung, melebih-lebihkan atau kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Shukriya.

Avrilblue mengatakan...

terima kasih pravin irawan atas infonya

sangat bermanfaat..

Posting Komentar


up