J. K. Rowling


Joanna Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J. K. Rowling adalah seorang pengarang buku satu seri novel fantasi yang kini tengah mendunia, Harry Potter, lahir pada 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris.

Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar "New York Times best-seller" setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya. Kemudian, saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.



Wanita yang pernah bersekolah di Universitas Exeter jurusan sastra prancis ini memiliki seorang putri yang bernama Jessica dari perkawinan pertamanya. Siapa yang bisa menyangka, hidup Rowling dulu begitu miskin dan serba kekurangan kini menjadi seorang novelist terkaya?

Pada bulan Desember 2001, Rowling pun menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia. Ia memiliki dua malaikat kecil dari perkawinan keduanya ini, masing-masing laki-laki dan perempuan.

Rowling menjadi sangat beruntung, setelah keseluruhan edisi bukunya diproduksi dalam bentuk layar lebar. Dan keseluruhannya merengkuh kesuksesan yang luar biasa. Siapa yang bisa menyangka, cita-citanya semasa kecil yang ingin menjadi seorang penulis bisa terwujud sebegini terkenalnya hanya karena kereta yang ditumpanginya mogok sekitar empat jam, dan saat itulah ide tentang Harry Potter muncul di benaknya.

0 komentar:

Posting Komentar


up